Jumat, 24 Februari 2017

BISNIS ONLINE



KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
“BISNIS ONLINE”








Disusun oleh
Shintya Wulan Safitri
16.11.0451
Kelompok I

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
Tahun Ajaran 2016/2017


ABSTRAK
Di era modern sekarang ini, peluang usaha bisnis online sedang marak di kalangan pelajar/mahasiswa. Karena bisnis online tidak butuh tempat sehingga dengan modal yang pas-pasan kita pun bisa meraup dollar yang banyak hanya dengan bisnis online. Kita tidak perlu melamar kerja kesana kemari hanya untuk mencari pekerjaan, tetapi kita sendiri yang menjalankannya. Bahkan dengan bermodal smartphone saja kita sudah bisa menjalankan bisnis online. Seperti menjual pin konveksi, tema dan koin line, lagu-lagu itunes, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak jarang pada zaman sekarang ini anak-anak diusia muda sudah banyak yg dapat menghasilkan penghasilan yang cukup besar.

ISI
Bisnis online memang banyak dilirik dikarenakan Online Shop tidak kalah menguntungkan dibanding apabila kita menjual/menawarkan barang atau jasa di dunia nyata. Banyak pebisnis yang sukses menekuni Online Shop mereka, namun tidak sedikit pula yang gulung tikar karena kurangnya pengetahuan dan kurang menekuni Online Shop mereka. 
Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis online shop:
1.     Produk atau jasa yang akan dijual
Hal yang paling utama adalah anda harus menentukan produk atau jasa apa yang akan anda tawarkan pada Online Shop anda. Carilah produk atau jasa yang sekiranya banyak diminati oleh masyarakat. Jangan sampai anda sudah punya Online Shop tetapi belum menentukan barang yang akan dijual.
2.     Sumber produk atau jasa tersebut
Sumber produk/jasa bisa kita dapatkan dengan mencari supplier utama. Dengan kita mencari supplier utama, kita bisa mendapat haraga yang lebih murah dan kemudian bisa menjualnya dengan harga yang lebih murah dibanding yang lain. Kemudian kita juga bisa menghasilkan/memproduksi barang/jasa tersebut sendiri.
3.     Metode pemasaran
Dalam hal ini, kita memikirkan strategi pemasaran agar apa yang kita tawarkan/jual dapat diminati orang banyak. Termasuk memikirkan cara bersaing yang sehat antar penjual produk yang sama.
4.     Metode transaksi
Bisa melalui rekening bank ataupun COD.
5.     Metode pengiriman
Dalam hal ini, kita dapat bekerjasama dengan jasa paket kilat atau bahkan gojek sekalipun.
6.     Metode pelayanan penjual
Pelayanan yang baik merupakan nilai plus untuk memberikan kenyamanan bagi para konsumen.
7.     Jangan coba-coba
 Ketika anda berniat membangun sebuah Online Shop, maka bulatkan tekad anda. Dan anda harus bersungguh-sungguh kalau Online Shop yang akan anda bangun tidak hanya untuk iseng belaka. Jangan ketika Online Shop anda sudah jadi, anda tidak serius dalam mengelolanya, ini sangat disayangkan karena biaya dan waktu yang anda korbankan untuk membangun Online Shop akan terbuang percuma. Jadi serius lah dalam menjalaninya

Keuntungan dari online shop :
·        Bisa melakukan penipuan harga
·        Banyak peminat
·        Bisa menjual kemana saja
·        Keuntungan yang diperoleh banyak
·        Biaya Murah
·        Tidak perlu mempunyai toko
·        Waktu kerja bisnis online tidak terbatas

Kerugian yang akan didapatkan :
·        Barang tidak sampai pada pembeli
·        Tergantung pada jaringan
·        Pembatalan pembelian
·        Barang tidak sesuai keinginan
·        Barang rusak saat pengiriman
·        Sulitnya membangun kepercayaan kepada customer

Kemudian disini saya akan berbagi sedikit cara agar sukses dalam berbisnis online shop, antara lain:
1.     Tentukan tujuan. Ketika menjalakan Online shop, anda harus menetapkan tujuan dari anda berbisnis tersebut. Anda harus memiliki motivasi jika apabila di tengah jalan anda mengalami sebuah hambatan dalam bisnis anda.
2.     Survey pasar. Anda perlu melakukan survei untuk mengetahui seberapa besar produk atau jasa anda diperlukan oleh para konsumen, agar anda bisa memaksimalkan bisnis Online Shop anda.
3.     Selangkah demi selangkah. Bisnis Online Shop bukanlah bisnis yang sehari dua hari bisa selesai, semua perlu tahapan yang kompleks agar berhasil.
4.     Perluas jaringan kerja. Bangunlah komunikasi yang baik dengan teman, pelanggan, maupun pengunjung blog kita. Agara terjalin suatu komunikasi yang baik, dan anda mengetahui karakter-karakter dari kebanyakan orang.
5.     Pantang menyerah. Banyak dari pelaku bisnis online yang mengalami kegagalan dalam menjali bisnisnya. Walaupun bisnis anda belum memperoleh hasil, anda harus tetap berusaha untuk memajukan bisnis anda.
6.     Belajar dari pengalaman. Banyak orang yang berkata "Pengalaman adalah Guru terbaik". Anda perlu belajar dari pengalaman kegagalan anda dalam menjalankan bisnis online. Yang mana nantinya hal itu akan berguna bagi anda agar tidak terjadi kesalahan yang sama.

KESIMPULAN
Berbisnis online itu sangatlah mudah dan mengasyikkan, akan tetapi didalam bisnis ini persaingannya sangatlah banyak. Dan memiliki suatu keuntungan dan kerugiannya tersendiri.

REFERENSI



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright© SHINTYA'S BLOG